Senin, 12 Maret 2012

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran bahsa inggris


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris
Pokok Bahasan            : Numbers
Kelas / Semester          : III  / I
Pertemuan ke               : I ( satu )
Alokasi Waktu             : 15 Menit

Standar kompetensi     : Memiliki keterampilan berbahasa.
Kompetensi dasar        : Memahami dan mengurutkan nama-nama bilangan.
Indikator                      : Membilang angka 1-50 secara berurut dalam bahasa Inggris.

I.                    Tujuan pembelajaran
Dengan mengamati alat peraga angka 1-50 secara berurut dalam bahasa Inggris, siswa dapat menyebutkan sedikitnya angka 1 sampai dengan 30 dalam bahasa inggris dengan baik.
II.                 Materi Ajar
Numbers.

III.               Model Pembelajaran.
Talking stik.

IV.              Langkah-Langah Pembelajaran

a.       Kegiatan  Awal
*      Salam dan pengaturan kelas.
*      Memeriksa kehadiran siswa.
*      Apersepsi : guru mengecek sejauh mana siswa dapat berhitung atau mengetahui angka 1 sampai 50.


b.      Kegiatan Inti
*      Guru menyiapkan sebuah tongkat.
*      Guru memperlihatkan alat peraga kepada siswa angka 1-50 di depan kelas.
*      Guru menjelaskan angka 1-50 dalam bahasa inggris kepada siswa, kemudian guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan mempelajari angka 1-50 dalam bahasa inggris.
*      Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa, setelah itu guru menjalankan tongkat itu sambil bernyanyi bersama-sama dan guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang memegang tongkat tersebut untuk menyebutkan angka  1-10, 11-20, dan 21-30 dalam bahasa Inggris, demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru.
*      Guru bertanya kembali, apakah ada siswa yang belum mengerti dan kurang memahami mengenai menyebutkan angka dari 1-50.
*      Jika ada siswa yang belum mengerti, guru menjelaskan dan menyebutkan kembali angka 1-50  dalam bahasa Inggris.
c.       Kegiatan Akhir.
*      Guru menutup pelajaran bahasa Inggris dengan memberikan tugas rumah kepada siswa (menghafal angka 1-50 dalam bahasa Inggris dengan baik).
*      Guru memberikan salam penutup.

V.                 Alat dan Sumber
·         Alat peraga      : angka dari 1 sampai dengan 50.
·         Sumber            : buku siswa bahasa Inggris kelas 3 SD.

VI.              Tes.
a.       Lisan.
Soal :
-          Anak 1       : sebukan angka 1 sampai dengan 10 dalam bahasa inggris dengan
  baik ?
-          Anak 2       : Sebutkan angka 11 sampai dengan 20 dalam bahasa inggris dengan
  baik?
-          Anak 3       : sebutkan angka 21 sampai dengan 30 dalam bahasa inggris dengan
baik?


Jawaban :
-          Anak 1       : one, two, three, four, five, six, seven, eight, nine, &
  ten.
-          Anak 2       : eleven, twelve, thirteen, fourteen, fiveteen, sixteen, seventeen,
                     eightee, nineteen  & twenty.
-          Anak 3       : twenty one, twenty two, twenty three, twenty four, twenty five,
   twenty six, twenty seven, twenty eight, twenty nine,  & thirty.
b.      Tulisan.
Tugas rumah :
Tulislah angka 1 sampai dengan 50 secara berurut dalam bahasa inggris kemudian hafal angka 1 sampai dengan 50 secara berurut dalam bahasa inggris dengan baik, paling kurang hafal angka 1 sampai 30 secara berurut dalam bahasa inggris dengan baik.

VII.            Uraian materi.
one
eleven
twenty one
thirty one
forty one
two
twelve
twenty two
thirty two
forty two
three
thirteen
twenty three
thirty three
forty three
four
fourteen
twenty four
thirty four
forty four
five
fifteen
twenty five
thirty five
forty five
six
sixteen
twenty six
thirty six
forty six
seven
seventeen
twenty seven
thirty seven
forty seven
eight
eighteen
twenty eight
thirty eight
forty eight
nine
nineteen
twenty nine
thirty nine
forty nine
ten
twenty
thirty
forty
fifty


Tidak ada komentar:

Posting Komentar