Rabu, 22 Februari 2012

MAKANAN DALAM PROSES KEHIDUPAN




1.PENGERTIAN MAKANAN.
            Makanan dalah segala sesuatu yang dapat di makan dan berguna bagi tubuh.
2. Fungsi makanan :
            1. pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
            2. pemeliharaan sel-sel tubuhdan perbaikan dari yang rusak.
            3. mengatur pertahanan tubuh terhadap penyakit
            4. penjaga keseimbangan cairan dalanm tubuh.
3. Jenis dan fungsi dari zat makanan
       1.karbohidrat adalah senyawa organik yang tersusunatas unsur karbon (C),hidrogen(H) dan oksogen(O).berfungsisebagai sumber energi dalam tubuh.contohnya nasi,roti,,dan sereal.
            2.protein adalah adalah senyawa organik yang tersusun dari karbon,hidrogen,oksigen,nitrogen,kadang-kadang mengandung fosfor atau belerang.berfungsi sebagai peimbang asam dan basa cairan dalam tubuh karena sebagai bufer,penetralan racun dalam tubuh.contohnya protein hewani yaitu daging telir,susu,ikan dan protein nabati yaitu kacang-kacangan.
            3.lemak adlah lipid sederhana yang terdiri dari 3 molekul asam lemak dan 1 molekul gliserol yang berfungsi pelarut vit.A,D,E dan K,pelindung alat-alat tubuh,dan makanan cadangan.contohnyadaging,susu dan keju.
            4.vitamin adalah senyawa organik yang mutlak di perlukan dalam tubukh yang mengatur fungsi-fungsi tubuh agar metabolisme tubuh berjalan dengan normal.vitamin ada 6 macam yaitu vitamin A,vitamin B,vitamin C,vitamin D,vitamin E,vitamin K.contohnya biji-bijian,susu,ikan,daging,telur ,keju,dll.
            5.mineral adlah senyawa organik yang mutlak di perlukan bagi tubuh.terbagi 2 bagian besar yaitu makroelemen yang terdiri kalsium,fosfor,natrium,klor,kalium,magnesium,dan belerang sedangkan mikroelemen terdiri dari seng(Zn),zat besi,mangan,fluor,iod,dan tembaga.somber-sumber mineral dalah produk-produk susu,daging,garamdapur,buah-buahan,ikan,telur,dll.
4. Kebutuhan makanan.
            Kebutuhan makanan sekalian susunan makanan di indonesia yang terdiri atas makanan pokok yaitu mencangkup makanan 4 sehat 5 sempurna yaitu nasi,buah-buahan,sayur-sayuran,lauk-pauk,dan susu ini di maksudkan agar kebutuhan gisi di indonesia dapat terpenuhi secara optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar