Selasa, 28 Mei 2013

HAKIKAT BAHASA



            Bahasa hakikatnya bahasa merupakan symbol atau lambing yang bersifat arbitrary yang digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi,sebagai alat untuk berkomunikasi bahasa memiliki beberapa sifat,yakni : sistematis,arbitrary,atau mana suka,fleksibel kompleks,dan manusiawi.
            Bahasa mudah di pelajari apabila nyata,alamiah,masuk akal,menarik,relevan dengan kehidupan anak,milik anak,merupakan bagian peristiwa nyata,memiliki fungsi sosial,memberi makna,penggunaannya sesuai dengan pilihan anak,dapat dikuasai anak-anak memiliki kemapuan menggunakannya.
            Sebaliknya bahasa akan sulit di pelajari apabila artificial,terpotong-potong,tidak masuk akal,membosankan,tidak relevan,milik orang lain,berada di luar konteks,tidak memilki sifat sosial,tidak memberi makna,penggunaan dipaksakan,tidak dapat dikuasai,anak tidak memiliki kemampuan menggunakannya.
SOAL – JAWAB
1.      Sebutkan fungsi bahasa dan jelaskan.
Jawab  :           -     Fungsi Informasi,yaitu untuk menyampaikan informasi timbal balik                                     antara anggota keluarga
-          Fungsi Ekspresidiri, yaitu untuk menyalurkan perasaan , sikap , gagasan , dan emosi
-          Fungsi adaptasi dan integrasi
-          Fungsi control sosial

2.      Jelaskan apa yang dimaksud pemerolehan bahasa
Jawab  : Bahasa Indonesia yang bagi kebanyakan anak Indonesia merupakan bahasa                        kedua

BAB II
PEDEKATAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA

            Pendekatan adalah tingkat asumsi atau pendirian mengenai bahasa atau pengajaran bahasa,bermacam-macam pendekatan dapat di gunakan dalam pembelajaran di SD,diantara sekian banyak pendekatan dalam pembelajaran bahasa pendekatan yang di anggap baik di gunakan adalah pendekatan komunikatif,whole language,terpadu dan pakem.Pendekatan komunikatif menekankan pada kompetensi siswa dalam berkomunikasi sesuai dengan fungsi bahasa  sebagai alat untuk berkomunikasi.Pendekatan whole language memandang bahasa secara holistik.Oleh sebab itu pembelajaran bahasa diberikan secara alamiah dan terpadu,adapun pakem adalah pendekatan pembelajaran menjadi efektif namun tetap menyenangkan siswa.

SOAL – JAWAB

1.      Sebutkan macam-macam pendekatan dalam pembelajaran bahasa
Jawab  :           -     Pendekatan Komunikatif
-          Pendekatan Terpadu
-          Pendekatan Proses
2.      Apakah pendekatan dalam bahasa sangat penting bagi siswa ?
Jawab  :           Ya,karena dengan adanya pendekatan dalam pembelajaran bahasa                                       maka,empat keterampilan bahasa bisa dicapai dalam proses belajar

BAB III
PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN DI KELAS I-II

            Pembelajaran bahasa secara komunikatif menekankan pada di kuasainya keterampilan berkomunikasi oleh siswa yaitu mampu memahami dan mengunakan bahasa di perlukan landasan bahasa yang kuat.Tujuan pengajaran membaca dan menulis pada dasarnya  ialah memberi bekal pengetahuan dan kemampuan kepada siswa untuk menguasai teknik-teknik membaca dan menangkap isi bacaan dengan baik dan dapat menuliskannya dengan baik dan benar,langkah-langkah  pembelajaran membaca permulaan di kelasa,membaca dengan buku,teknik pembelajaran merupakan cara guru menyampaikan bahan ajar yang telah di susun (dalam metode),berdasarkan pendekatan yang dianut.

SOAL – JAWAB
1.      Apa yang di maksud teknik pembelajaran adalah !
Jawab  : Siasat yang di lakukan oleh guru dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar                    untuk dapat memperoleh hasil yang optimal
2.      Mengapa menulis merupakan salah satu jenis kemampuan berbahasa ?
Jawab  : Karena kemampuan menulis itu merupakan kemampuan yang                                              menghasilkan,kemampuan-kemampuan yang diperlukan untuk dapat di peroleh                    melalui proses panjang


BAB IV
SRTATEGI BELAJAR MENYIMAK DI SD

            Menyimak merupakan keterampilan berbahasa yang sangat penting di kuasai,kemampuan menyimak akan mempengaruhi keterampilan berbahasa yang lainnya,berbicara,membaca,dan menulis oleh sebab itu,menyimak harus mendapat perhatian dalam pembelajarannya,pembelajaran menyimak di SD dapat di laksanakan melalui beberapa kegiatan seperti menyimak cerita,puisi,pengumuman,bisik berantai,berita dan lain-lain.
            Adapun jenis menyimak yang dapat di latihkan di SD adalah bermacam-macam jenis menyimak seperti menyimak kritis,kreatif,sosial,menyimak apersiatif dan lain-lain.

SOAL – JAWAB

1.      Jelaskan apa yang di maksud dengan menyimak ?
Jawab  : Menyimak merupakan keterampilan berbahasa yang pertama kali di kuasai oleh                  manusia sebelum menguasai keterampilan berbicara,membaca,dan menulis.
2.      Apa yang menjadi peranan guru dalam meningkatkan kemampuan berbahasa lisan ?
Jawab  : Yaitu guru di tuntut untuk memberi peluang kepada siswa untuk                                          mengungkapkan pendapat dan perasaanya,sehinggah dalam proses belajar siswa        juga melatih untuk tidak takut mengeluarkan pendapat,dan guru juga lebih                    banyak berbicara dan anak mendengar baik dalam kegiatan klasikal maupun                        kelompok.


BAB V
SRTATEGI PEMBELAJARAN MEMBACA DI SEKOLAH DASAR

            Pembelajaran membaca di SD dapat di bagi dua tahap yaitu tahap membaca permulaan dan tahap membaca lanjut,membaca permulaan adalah pembelajaran membaca di kelas awal sekolah dasar yaitu,kelas 1-3,penekanan pembelajaran membaca di kelas awal ini adalah melatih kemampuan membaca siswa dalam hal membaca teknik atau membaca nyaring dari kelas 4 sampai kelas 5.
            Pembelajaran membaca permulaan dapat menggunakan macam-macam metode,seperti metode bunyi,metode abjad,metode SAS dan lain-lain,kegiatan membaca di kelas tinggi sudah mengarah pada kegiatan membaca yang bertujuan untuk memahami isi bacaan.

SOAL – JAWAB
1.      Jelaskan mengapa membaca dalam hati termasuk dalam strategi pembelajaran membaca di sekolah dasar ?
Jawab  : Karena tidak semua anak mempunyai kesukaannya yang sama,jadi guru harus                    pandai melakukan strategi belajar agar siswa tidak bosan.
2.      Jelaskan apa yang dimaksud membaca cepat ?
Jawaban          : Yaitu jenis kegiatan membaca yang bertujuan memahami isi bacaan                                     secara tepat cepat dan cermat dalam waktu yang relative tingkat.


BAB VI
STRATEGI PEMBELAJARAN BERBICARA DI SD

            Berbicara adalah kemampuan mengucapkan kata untuk mengekpresikan,menyatakan serta menyampaikan pikiran,gagasan dan perasaan,teknik pengajaran berbicara di sekolah dasar misalnya anak-anak yang masih muda dalam berpikir dan berpengalaman dapat diberi pelajaran berbicara melalui gambar-gambar yang di siapkan guru,tujuan berbicara adalah untuk berkomunikasi,agar dapat menyampaikan pikiran secara efektif.

SOAL – JAWABAN
1.      Sebutkan apa saja yang di perhatikan oleh pembicara ?
            Jawaban        : - Pemilihan kata-kata yang tepat dan mengena
-          Pemikiran yang sehat
-          Struktur kalimat yang baik dan jelas dan betul
-          Suara yang baik,mudah di dengar dan di mengerti
2.      Jelaskan tujuan dari berbicara !
Jawab  : untuk berkomunikasi,agar dapat menyampaikan pikiran secara efektif

BAB VII
STRATEGI PEMBELAJARAN MENULIS DI SD

            Menulis atau mengarang adalah mengorganisasikan ide menjadi rangkaian yang logis,ada 4 ahli bahasa mengemukakan bahwa menulis adalah mengorganisasikan idea tau pesan secara tulis sehinggah orang lain dapat memahami isinya,sedangkan menurut Affandi Yasir Burhan 1971 : 14 berpendapat menulis adalah tindakan melakukan pikiran / perasaan,sedangkan Taringan yang menyitir pendapat Ludo mengemukakan bahwa menulis adalah menuliskan lambing-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang di pahami oleh seseorang sehinggah orang lain dapat membaca lambing-lambang grafik.

SOAL  - JAWABAN

1.      Sebutkan 5 prosa dalam menulis
Jawaban        : - Deskripsi
-          Eksposisi
-          Argumentasi
-          Narasi
-          Persuasi
2.      Jelaskan apa yang di maksud dengan puisi
Jawaban          : Ungkapan perasaan,pikiran,sikap,dan maksud dari penyairnya

BAB VIII
KAJIAN KURIKULUM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
            Bahasa memungkinkan manusia untuk saling berhubungan (komunikasi) saling berbagi pengalaman,saling belajar untuk meningkatkan kemampuan intelektual,kesustraan sebagai salah satu sarana untuk menuju pemahaman.Ada 6 aspek dalam KBK M P.Bahasa Indonesia,yaitu (mendengarkan),(berbicara),(membaca),(menulis),(kebahasaan),apresiasi bahasa dan sastra Indonesia,dan fungsi mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia dalam pelajaran bahasa dan sastra Indonesia dalam KBK adalah :
1.      Sarana pembinaan persatuan dan kesatuan bangsa
2.      Sarana peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam pelestarian dan pengembangan budaya
3.      Sarana peningkatan Iptek dan seni
4.      Sarana penyebar luasan pemakaian bahasa Indonesia untuk berbagai keperluan
5.      Sarana pengembangan penalaran
6.      Sarana pemahaman beragam budaya Indonesia melalui kesustraan Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar