Bahasa
hakikatnya bahasa merupakan symbol atau lambing yang bersifat arbitrary yang
digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi,sebagai alat untuk berkomunikasi
bahasa memiliki beberapa sifat,yakni : sistematis,arbitrary,atau mana suka,fleksibel
kompleks,dan manusiawi.
Bahasa mudah di pelajari apabila
nyata,alamiah,masuk akal,menarik,relevan dengan kehidupan anak,milik
anak,merupakan bagian peristiwa nyata,memiliki fungsi sosial,memberi
makna,penggunaannya sesuai dengan pilihan anak,dapat dikuasai anak-anak
memiliki kemapuan menggunakannya.
Sebaliknya bahasa akan sulit di
pelajari apabila artificial,terpotong-potong,tidak masuk akal,membosankan,tidak
relevan,milik orang lain,berada di luar konteks,tidak memilki sifat
sosial,tidak memberi makna,penggunaan dipaksakan,tidak dapat dikuasai,anak
tidak memiliki kemampuan menggunakannya.
SOAL
– JAWAB
1. Sebutkan
fungsi bahasa dan jelaskan.
Jawab : - Fungsi Informasi,yaitu untuk menyampaikan
informasi timbal balik antara anggota keluarga
-
Fungsi Ekspresidiri,
yaitu untuk menyalurkan perasaan , sikap , gagasan , dan emosi
-
Fungsi adaptasi dan
integrasi
-
Fungsi control sosial
2. Jelaskan
apa yang dimaksud pemerolehan bahasa
Jawab : Bahasa Indonesia yang bagi kebanyakan anak
Indonesia merupakan bahasa kedua
BAB
II
PEDEKATAN
DALAM PEMBELAJARAN BAHASA
Pendekatan
adalah tingkat asumsi atau pendirian mengenai bahasa atau pengajaran
bahasa,bermacam-macam pendekatan dapat di gunakan dalam pembelajaran di
SD,diantara sekian banyak pendekatan dalam pembelajaran bahasa pendekatan yang
di anggap baik di gunakan adalah pendekatan komunikatif,whole language,terpadu
dan pakem.Pendekatan komunikatif menekankan pada kompetensi siswa dalam
berkomunikasi sesuai dengan fungsi bahasa
sebagai alat untuk berkomunikasi.Pendekatan whole language memandang
bahasa secara holistik.Oleh sebab itu pembelajaran bahasa diberikan secara alamiah
dan terpadu,adapun pakem adalah pendekatan pembelajaran menjadi efektif namun
tetap menyenangkan siswa.
SOAL – JAWAB
1. Sebutkan
macam-macam pendekatan dalam pembelajaran bahasa
Jawab : -
Pendekatan Komunikatif
-
Pendekatan Terpadu
-
Pendekatan Proses
2. Apakah
pendekatan dalam bahasa sangat penting bagi siswa ?
Jawab : Ya,karena
dengan adanya pendekatan dalam pembelajaran bahasa maka,empat keterampilan bahasa bisa
dicapai dalam proses belajar
BAB
III
PEMBELAJARAN
MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN DI KELAS I-II
Pembelajaran
bahasa secara komunikatif menekankan pada di kuasainya keterampilan berkomunikasi
oleh siswa yaitu mampu memahami dan mengunakan bahasa di perlukan landasan
bahasa yang kuat.Tujuan pengajaran membaca dan menulis pada dasarnya ialah memberi bekal pengetahuan dan kemampuan
kepada siswa untuk menguasai teknik-teknik membaca dan menangkap isi bacaan
dengan baik dan dapat menuliskannya dengan baik dan benar,langkah-langkah pembelajaran membaca permulaan di
kelasa,membaca dengan buku,teknik pembelajaran merupakan cara guru menyampaikan
bahan ajar yang telah di susun (dalam metode),berdasarkan pendekatan yang
dianut.
SOAL – JAWAB
1. Apa
yang di maksud teknik pembelajaran adalah !
Jawab : Siasat yang di lakukan oleh guru dalam
pelaksanaan kegiatan belajar mengajar untuk dapat memperoleh hasil yang optimal
2. Mengapa
menulis merupakan salah satu jenis kemampuan berbahasa ?
Jawab : Karena kemampuan menulis itu merupakan
kemampuan yang menghasilkan,kemampuan-kemampuan yang
diperlukan untuk dapat di peroleh melalui proses panjang
BAB
IV
SRTATEGI
BELAJAR MENYIMAK DI SD
Menyimak
merupakan keterampilan berbahasa yang sangat penting di kuasai,kemampuan
menyimak akan mempengaruhi keterampilan berbahasa yang
lainnya,berbicara,membaca,dan menulis oleh sebab itu,menyimak harus mendapat
perhatian dalam pembelajarannya,pembelajaran menyimak di SD dapat di laksanakan
melalui beberapa kegiatan seperti menyimak cerita,puisi,pengumuman,bisik
berantai,berita dan lain-lain.
Adapun
jenis menyimak yang dapat di latihkan di SD adalah bermacam-macam jenis
menyimak seperti menyimak kritis,kreatif,sosial,menyimak apersiatif dan
lain-lain.
SOAL – JAWAB
1. Jelaskan
apa yang di maksud dengan menyimak ?
Jawab : Menyimak merupakan keterampilan berbahasa
yang pertama kali di kuasai oleh manusia sebelum menguasai keterampilan
berbicara,membaca,dan menulis.
2. Apa
yang menjadi peranan guru dalam meningkatkan kemampuan berbahasa lisan ?
Jawab : Yaitu guru di tuntut untuk memberi peluang
kepada siswa untuk mengungkapkan pendapat dan
perasaanya,sehinggah dalam proses belajar siswa juga melatih untuk tidak
takut mengeluarkan pendapat,dan guru juga lebih banyak berbicara
dan anak mendengar baik dalam kegiatan klasikal maupun kelompok.
BAB
V
SRTATEGI
PEMBELAJARAN MEMBACA DI SEKOLAH DASAR
Pembelajaran
membaca di SD dapat di bagi dua tahap yaitu tahap membaca permulaan dan tahap
membaca lanjut,membaca permulaan adalah pembelajaran membaca di kelas awal
sekolah dasar yaitu,kelas 1-3,penekanan pembelajaran membaca di kelas awal ini
adalah melatih kemampuan membaca siswa dalam hal membaca teknik atau membaca
nyaring dari kelas 4 sampai kelas 5.
Pembelajaran
membaca permulaan dapat menggunakan macam-macam metode,seperti metode
bunyi,metode abjad,metode SAS dan lain-lain,kegiatan membaca di kelas tinggi
sudah mengarah pada kegiatan membaca yang bertujuan untuk memahami isi bacaan.
SOAL – JAWAB
1. Jelaskan
mengapa membaca dalam hati termasuk dalam strategi pembelajaran membaca di
sekolah dasar ?
Jawab : Karena tidak semua anak mempunyai
kesukaannya yang sama,jadi guru harus pandai melakukan strategi belajar agar siswa
tidak bosan.
2. Jelaskan
apa yang dimaksud membaca cepat ?
Jawaban : Yaitu jenis kegiatan membaca yang
bertujuan memahami isi bacaan secara tepat cepat dan cermat
dalam waktu yang relative tingkat.
BAB
VI
STRATEGI
PEMBELAJARAN BERBICARA DI SD
Berbicara
adalah kemampuan mengucapkan kata untuk mengekpresikan,menyatakan serta
menyampaikan pikiran,gagasan dan perasaan,teknik pengajaran berbicara di
sekolah dasar misalnya anak-anak yang masih muda dalam berpikir dan
berpengalaman dapat diberi pelajaran berbicara melalui gambar-gambar yang di
siapkan guru,tujuan berbicara adalah untuk berkomunikasi,agar dapat
menyampaikan pikiran secara efektif.
SOAL – JAWABAN
1. Sebutkan
apa saja yang di perhatikan oleh pembicara ?
Jawaban : - Pemilihan kata-kata yang tepat dan
mengena
-
Pemikiran yang sehat
-
Struktur kalimat yang
baik dan jelas dan betul
-
Suara yang baik,mudah
di dengar dan di mengerti
2. Jelaskan
tujuan dari berbicara !
Jawab : untuk berkomunikasi,agar dapat menyampaikan
pikiran secara efektif
BAB
VII
STRATEGI
PEMBELAJARAN MENULIS DI SD
Menulis
atau mengarang adalah mengorganisasikan ide menjadi rangkaian yang logis,ada 4
ahli bahasa mengemukakan bahwa menulis adalah mengorganisasikan idea tau pesan
secara tulis sehinggah orang lain dapat memahami isinya,sedangkan menurut
Affandi Yasir Burhan 1971 : 14 berpendapat menulis adalah tindakan melakukan
pikiran / perasaan,sedangkan Taringan yang menyitir pendapat Ludo mengemukakan
bahwa menulis adalah menuliskan lambing-lambang grafik yang menggambarkan suatu
bahasa yang di pahami oleh seseorang sehinggah orang lain dapat membaca
lambing-lambang grafik.
SOAL
- JAWABAN
1. Sebutkan
5 prosa dalam menulis
Jawaban : - Deskripsi
-
Eksposisi
-
Argumentasi
-
Narasi
-
Persuasi
2. Jelaskan
apa yang di maksud dengan puisi
Jawaban : Ungkapan perasaan,pikiran,sikap,dan
maksud dari penyairnya
BAB
VIII
KAJIAN
KURIKULUM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Bahasa
memungkinkan manusia untuk saling berhubungan (komunikasi) saling berbagi
pengalaman,saling belajar untuk meningkatkan kemampuan intelektual,kesustraan
sebagai salah satu sarana untuk menuju pemahaman.Ada 6 aspek dalam KBK M
P.Bahasa Indonesia,yaitu
(mendengarkan),(berbicara),(membaca),(menulis),(kebahasaan),apresiasi bahasa
dan sastra Indonesia,dan fungsi mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia
dalam pelajaran bahasa dan sastra Indonesia dalam KBK adalah :
1. Sarana
pembinaan persatuan dan kesatuan bangsa
2. Sarana
peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam pelestarian dan pengembangan
budaya
3. Sarana
peningkatan Iptek dan seni
4. Sarana
penyebar luasan pemakaian bahasa Indonesia untuk berbagai keperluan
5. Sarana
pengembangan penalaran
6. Sarana
pemahaman beragam budaya Indonesia melalui kesustraan Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar