Penilaian
Hasil Belajar di SD - Presentation Transcript
1.
PEDOMAN
PENILAIAN HASIL BELAJAR DI SEKOLAH DASAR KKKS/KKG-UPT Dinas P dan K Kecamatan
Karangsambung, Kebumen
Menu Dan Materi
o KONSEP DASAR
o JENIS DAN T EKNIK PENILAIAN
o
ANALISIS
HASIL
o
PELAPORAN
MENU / MATERI KKKS/KKG-UPT Dinas P dan K
Kecamatan Karangsambung, Kebumen
2.
KONSEP
DASAR KKKS/KKG-UPT Dinas P dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen
Pengertian penilaian Pendidikan
o
PENILAIAN
PENDIDIKAN ADALAH PROSES PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN INFORMASI UNTUK MENENTUKAN
PENCAPAIAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK.
PENGERTIAN
PENILAIAN PENDIDIKAN KKKS/KKG-UPT Dinas P dan K Kecamatan Karangsambung,
Kebumen
3.
PP
NO.19 TAHUN 2005 PSL.63 (1)
o
PENILAIAN HASIL BELAJAR TERDIRI ATAS
PENILAIAN OLEH:
§ PENDIDIK.
§ SATUAN PENDIDIKAN.
§ PEMERINTAH.
KKKS/KKG-UPT
Dinas P dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen
4. PP
NO.19 TAHUN 2005 PSL.64 (1)
o
PENILAIAN
HASIL BELAJAR OLEH PENDIDIK DILAKUKAN SECARA BERKESINAMBUNGAN UNTUK MEMANTAU
PROSES , KEMAJUAN , DAN PERBAIKAN HASIL BELAJAR DALAM BENTUK:
§ ULANGAN HARIAN.
§ ULANGAN TENGAH SEMESTER.
§ ULANGAN AKHIR SEMESTER.
§ ULANGAN KENAIKAN KELAS.
KKKS/KKG-UPT
Dinas P dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen
5.
PRINSIP-PRINSIP
PENILAIAN HASIL BELAJAR
o
VALID/SAHIH
o
OBJEKTIF.
o
TRANSPARAN/
TERBUKA.
o
ADIL.
o
TERPADU.
o
MENYELURUH
& BERKESINAM-BUNGAN.
o
BERMAKNA
o
SISTEMATIS.
o
AKUNTABEL.
o
BERACUAN
KRITERIA.
KKKS/KKG-UPT
Dinas P dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen
6.
VALID/SAHIH;
OBJEKTIF
o
VALID
: MAMPU MENGUKUR APA YANG SEHARUSNYA DIUKUR, YAITU PENCAPAIAN KOMPETENSI YANG
DITETAPKAN DALAM STANDAR ISI DAN STANDAR KELULUSAN .
o
OBJEKTIF
: TIDAK DIPENGARUHI OLEH SUBJEKTIVITAS PENILAI, PERBEDAAN AGAMA,
SOSIAL-EKONOMI, BUDAYA, BAHASA, GENDER, HUBUNGAN EMOSIONAL.
KKKS/KKG-UPT
Dinas P dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen
7.
TRANSPARAN/TERBUKA;
ADIL
o
TRANSPARAN
: PROSEDUR, KRITERIA, DAN DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN DAPAT DIKETAHUI SEMUA
PIHAK YANG BERKEPENTINGAN.
o
ADIL
: TIDAK MENGUNTUNGKAN ATAU MERUGIKAN PESERTA DIDIK TERTENTU KARENA ALASAN
BERSIFAT SUBJEKTIF.
KKKS/KKG-UPT
Dinas P dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen
8.
TERPADU;
MENYELURUH & BERKESINAMBUNGAN; SISTEMATIS
o
TERPADU
: SALAH SATU KOMPONEN YANG TIDAK TERPISAHKAN DARI KEGIATAN PEMBELAJARAN.
o
MENYELURUH
&BERKESINAMBUNGAN : MENCAKUP SEMUA ASPEK KOMPETENSI & MENGGUNAKAN
TEKNIK PENILAIAN YANG SESUAI.
o
SISTEMATIS
: BERENCANA DAN BERTAHAP SESUAI LANGKAH-LANGKAH YANG BAKU.
KKKS/KKG-UPT
Dinas P dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen
9.
BERMAKNA
o
MUDAH
DIPAHAMI
o
MEMILIKI
ARTI
o
BERMANFAAT
o
DAPAT
DITINDAKLANJUTI GURU, SISWA, ORTU, DAN PIHAK TERKAIT LAINNYA
KKKS/KKG-UPT
Dinas P dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen
10. AKUNTABEL; BERACUAN KRITERIA
o
AKUNTABEL
: TEKNIK, PROSEDUR, DAN HASILNYA DAPAT DIPERTANGGUNGJAWABKAN.
o
BERACUAN
KRITERIA : DIDASARKAN PADA UKURAN PENCAPAIAN KOMPETENSI YANG DITETAPKAN.
KKKS/KKG-UPT
Dinas P dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen
11. JENIS DAN TEKNIK PENILAIAN HASIL
BELAJAR KKKS/KKG-UPT Dinas P dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen
12. CAKUPAN MATERI KKKS/KKG-UPT Dinas P
dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen JENIS DAN TEKNIK PENILAIAN JENIS TEKNIK
BERD. CAK.MAT. BERD. SASARAN TES UH UTS UAS UKK INDIVIDUAL KELOMPOK NON TES
TERTULIS LISAN PRAKTIK PG MENJODOHKAN BENAR- SALAH ISIAN SINGKAT URAIAN
PENGAMATAN SKALA SIKAP KUESIONER PENUGASAN TUGAS PROYEK PRODUK PORTOFOLIO
13. ULANGAN HARIAN (UH)
o
UNTUK
MENILAI ATAU MENGUKUR PENCAPAIAN KOMPETENSI SETELAH MENYELESAIKAN SATU
KOMPETENSI DASAR (KD) ATAU LEBIH.
KKKS/KKG-UPT
Dinas P dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen
14. ULANGAN TENGAH SEMESTER (UTS)
o
UNTUK
MENGUKUR PENCAPAIAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK SETELAH MELAKSANAKAN 8-9 MINGGU
KEGIATAN PEMBELAJARAN, DENGAN CAKUPAN SELURUH INDIKATOR YANG MEMPRESENTASIKAN
KOMPETENSI DASAR (KD) PERIODE TERSEBUT.
KKKS/KKG-UPT
Dinas P dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen
15. ULANGAN AKHIR SEMESTER (UAS)
o
UNTUK
MENGUKUR PENCAPAIAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK DI AKHIR SEMESTER GASAL, DENGAN
CAKUPAN SELURUH INDIKATOR YANG MEMPRESENTASIKAN SEMUA KD SEMESTER TERSEBUT.
KKKS/KKG-UPT
Dinas P dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen
16. ULANGAN KENAIKAN KELAS (UKK)
o
UNTUK
MENGUKUR PENCAPAIAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK DI AKHIR SEMESTER GENAP, DENGAN
CAKUPAN SELURUH INDIKATOR YANG MEMPRESENTASIKAN SEMUA KD
o
PADA
SEMESTER TERSEBUT .
KKKS/KKG-UPT
Dinas P dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen
17. TES PRAKTIK ( PERFORMANCE ):
pengamatan terhadap aktivitas siswa sebagaimana terjadi (unjuk kerja, tingkah
laku, interaksi) CONTOH LEMBAR PENGAMATAN MEMBACA PUISI KKKS/KKG-UPT Dinas P
dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen NO NAMA ASPEK YANG DINILAI JML. RATA
RATA PENGHA-YATAN LAFAL & INTONASI PENAMPILAN
18. TEKNIK NON TES: untuk memperoleh
gambaran mengenai karakteristik, sikap, atau kepribadian. CONTOH LEMBAR
PENGAMATAN UNTUK MATEMATIKA: KKKS/KKG-UPT Dinas P dan K Kecamatan
Karangsambung, Kebumen NO NAMA ASPEK YANG DINILAI JML. RATA RATA KETELITIAN
KECEPATAN KERJA KERJA-SAMA KEJUJURAN
19. TEKNIK NON TES: CONTOH LEMBAR
PENGAMATAN UNTUK BAHASA INDONESIA: KKKS/KKG-UPT Dinas P dan K Kecamatan
Karangsambung, Kebumen NO NAMA ASPEK YANG DINILAI JML. RATA RATA EJAAN KERAPIAN
TULISAN KESANTUNAN BERBAHASA KECER-MATAN BERBA-HASA
20. TEKNIK NON TES: CONTOH LEMBAR
PENGAMATAN UNTUK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN: KKKS/KKG-UPT Dinas
P dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen NO NAMA ASPEK YANG DINILAI JML. RATA
RATA KEDISI-PLINAN TANGGUNG JAWAB KERJA- SAMA TOLE- RANSI
21. TEKNIK NON TES: CONTOH LEMBAR
PENGAMATAN UNTUK MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL: KKKS/KKG-UPT Dinas P
dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen NO NAMA ASPEK YANG DINILAI JML. RATA
RATA KOOPERATIF PARTISIPASI KOMITMEN PADA TIM MENOLONG TEMAN
22. CONTOH PENILAIAN SKALA SIKAP DALAM
KEBERSIHAN
o
KETERANGAN:
o
SANGAT
TIDAK SETUJU
o
TIDAK
SETUJU.
o
KURANG
SETUJU.
o
SETUJU.
o
SANGAT
SETUJU
KKKS/KKG-UPT
Dinas P dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen NO PERNYATAAN SKALA 1 2 3 4 5 1.
RUMAH SEBAIKNYA DIRAWAT KEBERSIHANNYA SEHARI-HARI 2. KEBERSIHAN RUMAH TANGGUNG
JAWAB SEMUA ANGGOTA KELUARGA 3. RUANG KELAS PERLU DIJAGA KEBERSIHANNYA
SEHARI-HARI 4. KEBERSIHAN RUANG KELAS MENJADI TANGGUNG JAWAB ANGGOTA KELAS 5. …
23.
o
AIR
MINUM KELUARGAMU BERASAL DARI ….
§ SUMUR
§ KEMASAN
§ PAM / PDAM
§ SUNGAI
o
AIR
MANDI KELUARGAMU BERASAL DARI ….
§ SUMUR
§ PDAM
§ HUJAN
§ SUNGAI
o
TEMPAT
TIDURMU DIRAPIKAN OLEH….
§ ORANG TUA
§ PEMBANTU
§ KAKAK
§ SAYA SENDIRI
CONTOH
ANGKET TENTANG KEBERSIHAN DAN KERAPIAN SISWA NAMA:……………………………………KELAS:……………….
PILIHLAH JAWABAN DENGAN MEMBERI TANDA SILANG (X)
o
BUKU
DAN ALAT TULISMU DISIAPKAN OLEH….
§ ORANG TUA
§ PEMBANTU
§ KAKAK
§ SAYA SENDIRI
o
RUMAH
DAN HALAMAN RUMAHMU DIBERSIHKAN OLEH….
§ ORANG TUA
§ PEMBANTU
§ KAKAK
§ SAYA SENDIRI
KKKS/KKG-UPT
Dinas P dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen
24.
o
MENCONTOH
NILAI PERSATUAN:
o
DALAM
BERTEMAN MEMILIH-MILIH BERDASARKAN SUKU, AGAMA (YA/TIDAK).
o
MENGHARGAI
PENDAPAT ORANG LAIN (YA/TIDAK).
o
MEMBUAT
KELOMPOK BELAJAR (YA/TIDAK)
o
MENCONTOH
NILAI KESATUAN:
o
PEDULI
SAUDARA SEBANGSA YANG TERTIMPA BENCANA (YA/TIDAK)
o
IKUT
MEMELIHARA CAGAR BUDAYA (YA/TIDAK).
o
TERTIB
DALAM UPACARA (YA/TIDAK)
CONTOH
KUESIONER/ANGKET PKn. (KLS.VI/1) KD: MENELADANI NILAI-NILAI JUANG PARA TOKOH
YANG BERPERAN DALAM PROSES PERUMUSAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA DALAM
KEHIDUPAN SEHARI-HARI. INDIKATOR: MENCONTOH NILAI PERSATUAN DAN KESATUAN DALAM
KEHIDUPAN SEHARI-HARI. NAMA: ………………………………………KELAS:…………………………… LINGKARI PADA
PERNYATAAN (YA/TIDAK) SESUAI PILIHAN ANDA. KKKS/KKG-UPT Dinas P dan K Kecamatan
Karangsambung, Kebumen
25.
o
PENILAIAN
MELALUI PENUGASAN ADALAH SUATU TEKNIK PENILAIAN YANG MENUNTUT PESERTA DIDIK
MELAKUKAN KEGIATAN TERTENTU DI LUAR KEGIATAN PEMBELAJARAN.
PENUGASAN
KKKS/KKG-UPT Dinas P dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen
26.
o
TUGAS
DI SINI BERARTI KEGIATAN YANG DILAKUKAN OLEH SISWA SECARA TERSTRUKTUR DILUAR
KEGIATAN PEMBELAJARAN, MISALNYA MEMBUAT RINGKASAN, MENGAMATI OBJEK TERTENTU,
DSB. HASILNYA BISA BERUPA KARYA ATAUPUN LAPORAN PENGAMATAN.
TUGAS
KKKS/KKG-UPT Dinas P dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen
27.
o
TIDAK
MEMBERATKAN, SISWA MASIH PUNYA WAKTU UNTUK BERMAIN DAN BERSOSIALISASI.
o
BERTUJUAN
MELATIH SISWA MENERAPKAN HASIL BELAJARNYA DAN MEMPERKAYA WAWASANNYA.
o
BERDAMPAK
TERHADAP PENGEMBANGAN KREATIVITAS, TANGGUNG JAWAB, DAN KEMANDIRIAN SISWA.
RAMBU-RAMBU
PEMBERIAN TUGAS KKKS/KKG-UPT Dinas P dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen
28.
o
PROYEK
ADALAH TUGAS DALAM WAKTU TERTENTU YANG MELIBATKAN/MELIPUTI PERANCANGAN,
PELAKSANAAN, DAN PELAPORAN SECARA TERTULIS MAUPUN LISAN.
o
BISA
INDIVIDUAL ATAU KELOMPOK.
o
CONTOH:
MENGAMATI PERTUMBUHAN TANAMAN YANG TERKENA SINAR MATAHARI DAN YANG TIDAK.
PENILAIAN
PROYEK: KKKS/KKG-UPT Dinas P dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen
29. CONTOH PENILAIAN PROYEK:
KKKS/KKG-UPT Dinas P dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen NO. NAMA PERSIAPAN
(0 – 20) PELAKSA-NAAN (0 – 40) PELA-PORAN (0 – 40) NILAI AKHIR 1. 2. 3. AGUS
KUSUMA BAGUS WIDODO … 18 19 35 39 38 38 81 86
30.
o
UNTUK
MENILAI KETERAMPILAN DALAM MENGHASILKAN SUATU PRODUK DALAM WAKTU TERTENTU
SESUAI DENGAN KRITERIA, PROSES MAUPUN HASIL YANG DITETAPKAN.
o
BISA
INDIVIDUAL ATAU KELOMPOK.
PENILAIAN
PRODUK: KKKS/KKG-UPT Dinas P dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen
31. CONTOH PENILAIAN PRODUK:
KKKS/KKG-UPT Dinas P dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen NO. KELOMPOK
PERSIAPAN (0 – 20) PRODUK (0 -50) PEMA-JANGAN (0 -30) NILAI AKHIR 1. 2. 3.
KELOMPOK I KELOMPOK II … 18 19 35 39 38 38 81 86
32.
o
PORTOFOLIO
MERUPAKAN KUMPULAN KARYA SISWA YANG DISUSUN SECARA SISTEMATIS, DIAMBIL SELAMA
PROSES PEMBELAJARAN.
o
PORTOFOLIO
DIGUNAKAN UNTUK MEMANTAU PERKEMBANGAN PRESTASI, KINERJA, KREASI DAN KARYA
SISWA.
PENILAIAN
PORTOFOLIO: KKKS/KKG-UPT Dinas P dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen
33.
o
HALAMAN
JUDUL/COVER, BERISI: NAMA, KELAS, SEKOLAH.
o
DAFTAR
ISI DOKUMEN.
o
DOKUMEN
PORTOFOLIO: PILIHAN GURU & SISWA DARI HASIL KARYA, LEMBAR KERJA, KOLEKSI
LUKISAN.
o
DOKUMEN
PERLU DIKELOMPOKKAN, MISAL PER MATPEL.
o
CATATAN
PENDIDIK DAN ORTU.
BAGIAN-BAGIAN
PORTOFOLIO: KKKS/KKG-UPT Dinas P dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen
34. ANALISIS HASIL KKKS/KKG-UPT Dinas P
dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen
35. MANFAAT HASIL PENILAIAN
o
REMEDIAL
o
PENGAYAAN
o
PERBAIKAN
PROGRAM & KEGIATAN
KKKS/KKG-UPT
Dinas P dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen
36. KAPAN?
o
REMEDIAL
o
DILAKUKAN
BILA NILAI KD KURANG DARI NILAI KRITERIA KETUNTASAN BELAJAR
o
PENGAYAAN
o
DILAKUKAN
BILA TUNTAS LEBIH CEPAT
o
PERBAIKAN
o
DILAKUKAN
JIKA PROGRAM & KEGIATAN
o
TIDAK
EFEKTIF
KKKS/KKG-UPT
Dinas P dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen
37. KETUNTASAN BELAJAR
o
PER
KD.
o
KRITERIA:
0% – 100%
o
IDEAL:
75%
o
SEKOLAH
MENETAPKAN SENDIRI DENGAN MEMPERTIMBANGKAN:
o
POTENSI/INTAKE
SISWA,
o
KOMPLEKSITAS
INDIKATOR,
o
DAYA
DUKUNG (GURU, SARANA, DLL)
o
TUNTAS:
SKOR ≥ KRITERIA KETUNTASAN
o
TUNTAS
KD -> SK-> MAPEL
KKKS/KKG-UPT
Dinas P dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen
38. FORMAT A Rendah Sedang tinggi sedang
tinggi sedang tinggi sedang sedang 88.9 55.6 77.8 74 3 2 3 2 2 1 2 3 2
o
Memahami
perkembangan wilayah Indonesia, kenampakan alam dan keadaan sosial
negara-negara di Asia Tenggara, serta benua-benua
o
Mendeskripsikan
perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
o
Membandingkan
kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
o
Mengidentifikasi
benua-benua
KKKS/KKG-UPT
Dinas P dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen SK dan KD Kriteria Ketuntasan
Minimal Kriteria Penetapan Ketuntasan Nilai KKM Kompleksitas Daya dukung Intake
39. MENAFSIRKAN KRITERIA MENJADI NILAI
o
Dengan
memberikan point pada setiap kriteria yang ditetapkan :
§ 1. Kompleksitas : - Tinggi = 1
§ - Sedang = 2
§ - Rendah = 3
§ 2. Daya dukung : - Tinggi = 3
§ - Sedang = 2
§ - Rendah = 1
o
3.
Intake : - Tinggi = 3
o
-
Sedang = 2
o
-
Rendah = 1
o
Jika
KD memiliki Kriteria : kompleksitas rendah, daya dukung tinggi dan intake siswa
sedang à nilainya adalah:
o
(3
+ 3 + 2) x 100 = 88.89
o
9
KKKS/KKG-UPT
Dinas P dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen
40.
o
B.
Dengan menggunakan rentang nilai pada setiap kriteria:
§ 1. Kompleksitas : - Tinggi = 50-64
§ - Sedang = 65-80
§ - Rendah = 81-100
§ 2. Daya dukung : - Tinggi = 81-100
§ - Sedang = 65-80
§ - Rendah = 50-64
o
3.
Intake : - Tinggi = 81-100
o
-
Sedang = 65-80
o
-
Rendah = 50-64
o
Jika
KD memiliki Kriteria : kompleksitas sedang, daya dukung tinggi dan nilainya adalah rata-rata setiap nilai dari
kriteriaàintake sedang yang
kita tentukan.
o
Dalam
menentukan rentang nilai dan menentukan nilai dari setiap kriteria perlu
kesepakatan dalam forum Dewan Guru di Sekolah .
MENAFSIRKAN
KRITERIA MENJADI NILAI KKKS/KKG-UPT Dinas P dan K Kecamatan Karangsambung,
Kebumen
41.
o
C.
Dengan memberikan pertimbangan professional judgment pada setiap kriteria untuk
menetapkan nilai :
§ 1. Kompleksitas : - Tinggi
§ - Sedang
§ - Rendah
§ 2. Daya dukung : - Tinggi
§ - Sedang
§ - Rendah
o
3.
Intake : - Tinggi
o
-
Sedang
o
-
Rendah
o
Contoh
:
o
Jika
KD memiliki Kriteria : kompleksitas rendah, daya Dukung tinggi dan maka dapat dikatakan hanya satu komponen yangàintake
siswa sedang mempengaruhi untuk mencapai
ketuntasan maksimal 100 yaitu intake sedang. Jadi guru dapat mengurangi nilai menjadi
antara 90 – 80.
MENAFSIRKAN
KRITERIA MENJADI NILAI KKKS/KKG-UPT Dinas P dan K Kecamatan Karangsambung,
Kebumen
42.
o
TINGKAT
KOMPLEKSITAS
o
Yaitu
tingkat (Kesulitan & Kerumitan) setiap KD yang harus dicapai oleh siswa.
o
Tingkat
Kompleksitas Tinggi, bila d a l a m p elaksanaannya menuntut :
o
SDM
§ memahami Kompetensi yang h a r u s
dicapai Siswa
§ kreatif dan inovatif d a l a m
melaksanakan pembelajaran.
o
WAKTU
§ relatif lama karena perlu
pengulangan
o
PENALARAN
dan KECERMATAN siswa yang tinggi.
KKKS/KKG-UPT
Dinas P dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen
43. KEMAMPUAN SUMBERDAYA PENDUKUNG:
yaitu ketersediaan tenaga, sarana dan prasarana pendidikan yang sangat
dibutuhkan, BOP, manajemen sekolah, kepedulian stakeholders sekolah.
KKKS/KKG-UPT Dinas P dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen
44. CONTOH PENGHITUNGAN KETUNTASAN
BELAJAR KKKS/KKG-UPT Dinas P dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen KOMPETENSI
DASA R KRITERIA KETUNTASAN NILAI PESERTA DIDIK KETUNTASAN 1 60% 60 TUNTAS 2 60%
59 TAK TUNTAS 3 55% 75 TUNTAS
45. PELAKSANAAN PROGRAM REMEDIAL
o
TATAP
MUKA DENGAN GURU
o
BELAJAR
SENDIRI -> dinilai
o
KEGIATAN:
MENJAWAB PERTANYAAN, MEMBUAT RANGKUMAN, MENGERJAKAN TUGAS, MENGUMPULKAN DATA.
o
PADA
ATAU DI LUAR JAM EFEKTIF
KKKS/KKG-UPT
Dinas P dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen
46. PROGRAM PENGAYAAN :
o
BAGI
SISWA BERPRESTASI BAIK
o
UNTUK
MEMPERKAYA KOMPETENSI
o
KEGIATAN
:
o
MEMBERI
MATERI TAMBAHAN, LATIHAN TAMBAHAN, TUGAS INDIVIDUAL
o
HASIL
PENILAIAN MENAMBAH NILAI MATA PELAJARAN BERSANGKUTAN
o
SETIAP
SAAT, PADA ATAU DI LUAR JAM BELAJAR EFEKTIF .
KKKS/KKG-UPT
Dinas P dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen
47. PELAPORAN KKKS/KKG-UPT Dinas P dan K
Kecamatan Karangsambung, Kebumen
48. DAFTAR NILAI (PENGOLAHAN NILAI
RAPOR) DAFTAR NILAI MATA PELAJARAN: KELAS : NR 1 = NILAI RAPOR SEMESTER 1 UH =
NILAI ULANGAN HARIAN UTS = NILAI UL.TENGAH SEMESTER UKK = NILAI ULANGAN
KENAIKAN KELAS T = NILAI TUGAS; R = RATA-RATA NILAI RAPOR SKALA SERATUS
PEMBOBOTAN UAS/UKK BERSIFAT OPSIONAL (BISA TANPA PEMBOBOTAN) KKKS/KKG-UPT Dinas
P dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen NO NAMA UH UTS UAS/UKK TUGAS NR TULIS
(T) LISAN (L) PRAKTIK(P) R T L P R T L P R 1 2 3 R 1 2 3 R 1 2 3 R 1 2 3 R 1.
AGUS WIBOWO 2. BAGUS WIDODO 3. … NR1= UH+UTS+2(UAS)+T 5 NR2= UH+UTS+2(UKK)+T 5
49. KRITERIA KENAIKAN KELAS:
o
Jumlah
matpel yang belum tuntas tidak boleh lebih dari 25% dari jumlah matpel yang
diajarkan*).
o
Memiliki
nilai minimal baik pada aspek kepribadian.
o
Menyelesaikan
seluruh program pembelajaran pada dua semester di kelas yang bersangkutan.
o
*)Sekolah
dapat menetapkan kriteria kenaikan kelas dengan jumlah matpel yang belum tuntas
>25% atau <25% atas pertimbangan tertentu.
KKKS/KKG-UPT
Dinas P dan K Kecamatan Karangsambung, Kebumen
50. LAPORAN HASIL BELAJAR Jumlah Nilai
Prestasi Hasil Belajar : ........….(……………………………..) KKKS/KKG-UPT Dinas P dan K
Kecamatan Karangsambung, Kebumen NO MATA PELAJARAN NILAI SISWA RATA-RATA A.
Muatan Nasional 1. Pendidikan Agama 2. Pendidikan Kewarganegaraan 3. Bahasa
Indonesia 4. Matematika 5. Ilmu Pengetahuan Alam 6. Ilmu Pengetahuan Sosial 7.
Seni Budaya dan Keterampilan 8. Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan B.
Muatan Lokal 1. 2. 3.
51. LAPORAN HASIL BELAJAR … Keterangan:
A = Baik Sekali (86-100); B = Baik (71-85); C = Cukup (56-70), D = Kurang
(41-55); E = Sangat Kurang (<40) Keputusan berdasarkan hasil yang dicapai
pada Smt, I dan II, maka ditetapkan: Naik ke kelas :.………….(………………) Tinggal di
kelas : ………….(………………) Orang Tua/Wali (…………………….) Kepala Sekolah (…………………….)
Guru Kelas (…………………….) ……… ., ……………2008 KKKS/KKG-UPT Dinas P dan K Kecamatan
Karangsambung, Kebumen NO KEPRIBADIAN NILAI KETIDAK-HADIRAN HARI 1. Sikap Izin
2. Kerajinan Sakit 3. Kebersihan dan Kerapian Tanpa Keterangan CATATAN TENTANG
PENGEMBANGAN DIRI CATATAn
Tidak ada komentar:
Posting Komentar